Seruni

rividia

rividia

Artikel Terbaru

Siswa SMPN 1 Bumijawa Gelar Karya P5 “Bangunlah Jiwa dan Raganya”

Bumijawa – Siswa dan siswi SMPN 1 Bumijawa menggelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertujuan untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Gelar karya ini merupakan projek ketiga yang telah dilaksanakan di SMPN 1 Bumijawa.

Kegiatan P5 kali ini mengusung tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” yang di dalamnya terdapat 3 kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa kelas 7 dan 8 SMPN 1 Bumijawa, yaitu rangkaian gerak senam dan tari P5, koreografi Mars SMPN 1 Bumjawa, serta kampanye antibullying dengan harapan siswa memiliki jiwa dan raga yang sehat.

“Kami Gelar Karya P5 untuk mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka dengan harapan siswa lebih berkarakter sesuai bakat dan semangat kreativitasnya. Pada kampanye antibullying ini, tema yang diambil sangat sesuai dengan keadaan yang ramai terjadi di kalangan pelajar yaitu “Bullying”. Oleh karena itu, setelah kegiatan ini diharapkan siswa-siswi dapat memahami dampak yang ditimbulkan dari tindakan Bullying dan ikut menyuarakan kampanye antibullying”. Tegas Bpk. H. Muhaemin, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Bumijawa saat pembukaan gelar karya.

Gelar Karya Kali ini dilaksanakan selama 3 hari. Hari pertama sekaligus pembukaan dibuka dengan kegiatan “Seminar tentang Bullying” yang bertempat di Aula Graha Wicaksana SMKN 1 Bumijawa pada Rabu, 27 September 2023 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tegal Bpk. Fakihurrokhim, S.Sos., MM., Kepala SMPN 1 Bumijawa Bpk. H. Muhaemin, S.Pd. Kepala SMKN 1 Bumijawa Bpk. Setiyanto, S.Pd., M.Pd., dan Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ibu Dra. Wuninggar. Kegiatan tersebut diukuti oleh siswa kelas 8 secara langsung dan juga disaksikan siswa kelas 7 secara live streaming melalui kanal YouTube.

Plt. Kepala Dinas Dikbud Kab. Tegal, Bpk. Fakihurrohim, S.Sos., MM., mengatakan bahwa “Pembullyan memiliki dampak yang begitu besar bagi korban, pelaku dan saksi. Dimana dampak tersebut dapat merugikan baik secara fisik maupun psikis. Pembullyan juga dapat terjadi dimanapun. Oleh karena itu, upaya pencegahan bullying dapat dilakukan salah satunya di dalam dunia pendidikan atau di lingkungan sekolah”.

Hari kedua, merupakan pelaksanaan gelar karya kreasi gerak senam P5 dan koreografi Mars SMPN 1 Bumijawa oleh kelas 7. Dilanjutkan pada hari ketiga sekaligus penutupan merupakan gelar karya kreasi gerak tari dan koreografi Mars SMPN 1 Bumijawa oleh kelas 8. Gelar karya dilakukan secara bergantian karena ada beberapa ruang kelas di SMPN 1 Bumijawa yang sedang direhab. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan Gelar Karya P5 ini. Mereka begitu antusias dan semangat dalam proses pelaksanaan Gelar Karya ini berlangsung.