Seruni

rividia

rividia

Artikel Terbaru

Sosok Karismatik Kepala SMP Negeri 1 Bumijawa Bapak Muhaemin, S.Pd.

Gimana kabar kalian semua? Semoga selalu sehat yaa.. Sobat Seruni kali ini kita akan menceritakan sosok inspiratif dan berkarisma lho! Siapakah beliau?

Nah, beliau adalah Bapak Kepala SMP Negeri 1 Bumijawa yaitu Bapak Muhaemin S.Pd. Beliau sudah 5 tahun menjadi Kepala SMP Negeri 1 Bumijawa sejak tanggal 26 Januari 2016 hingga sekarang. Sebelum beliau menjadi Kepala SMP Negeri 1 Bumijawa, beliau juga pernah menjadi

kepala sekolah di SMP Negeri 3 Bumijawa. Pengalaman pertama beliau mengajar yaitu di SMP Pusponegoro, Sirampog, Brebes. Saat ini selain menjadi kepala sekolah di SMP Negeri 1 Bumijawa, beliau juga merangkap sebagai kepala sekolah di SMP Negeri 4 Bumijawa. Tugas tambahan beliau selain menjadi kepala sekolah juga menjadi Pengurus PGRI di tingkat kabupaten dan wakil ketua MKKS SMP Kabupaten Tegal. Sungguh tanggung jawab yang besar ya Sobat Seruni!

Menurut beliau SMP Negeri 1 Bumijawa merupakan sekolah terpandang di Kecamatan Bumijawa, oleh karena itu tanggung jawab yang diemban memang besar akan tetapi berkat kontribusi guru-guru, staf-staf tata usaha, dan warga sekolah lainnya dalam meningkatkan prestasi dan pelayanan di SMP Negeri 1 Bumijawa sehingga tanggung jawab ini bisa dilaksanakan dengan maksimal.

Dari sekian banyak tanggung jawab yang sudah diemban beliau ternyata beliau mengidolakan suri tauladan umat Islam semua, yaitu Nabi Muhammad SAW. Beliau mengidolakan Nabi Muhammad SAW dikarenakan Beliau adalah orang pilihan Allah SWT. Nabi Muhammad juga sudah tidak diragukan lagi dari segi kekeluargaan, kepemimpinan, perdagangan, dan dari banyak hal lainnya. Jadi menurut Pak Muhaemin, Nabi muhammad SAW yang pantas dijadikan inspirasi dan suri tauladan bagi kita semua.

Nah, berkaitan dengan pembelajaran di masa pandemi seperti sekarang ini beliau beranggapan bahwa pembelajaran saat ini menjadikan kita banyak mencermati. Baik itu mencermati tentang kesehatan, mencermati pendidikan maupun mencermati yang lainnya. Menurut beliau, kita harus tetap semangat dalam belajar, walaupun dengan cara daring, baik lewat whatsaap, maupun lewat internet lainnya, karena itu pandemi Covid-19 ini harus kita sikapi dengan bijak, sehingga negara ini bisa pulih kembali.

Apa sih dampak positif dan negatif dari pandemi Covid-19 ini? Iya, dampak positif dari pandemi ini, menurut Pak Muhaemin yaitu kita dituntut untuk familiar dengan teknologi. Seperti pembelajaran lewat media sosial yang sebelumnya kita tidak mengetahui media-media sosial. Setelah adanya pembelajaran daring ini, kita jadi tahu tentang teknologi atau media sosial tadi.

Dampak positif berikutnya yaitu kita dituntut untuk semangat dan mandiri. Seperti mandiri belajar di rumah, tanpa harus dibimbing secara langsung oleh bapak ibu guru, kemudian kita dilatih kerja sama antarteman untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah bersama-sama, dan kita jadi saling peduli dengan semua. Untuk dampak negatif sendiri, karena pembelajaran di tengah pandemi ini lewat daring, siswa-siswi harus menggunakan media handpone untuk mengikuti pembelajarannya. Namun ada beberapa siswa yang menyalahgunakan handpone untuk hal-hal yang tidak baik. Seperti bermain game online saat pembelajaran, membuka situs-situs yang tidak baik untuk perkembangan anak, dan masih banyak lagi, sehingga siswa tidak mencermati pembelajarannya, hanya menggunakan handphone tersebut untuk hal-hal negatif.

Menurut Pak Muhaemin, pembelajaran di tengah pandemi ini, sangat diperlukan media untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, seperti handphone, aplikasi ruang guru, radio pendidikan, televisi pendidikan, seperti beberapa waktu lalu, radio Kabupaten Tegal, yaitu Slawi Ayu FM bekerja sama dengan Dinas DIKBUD, untuk menyampaikan seluruh materi pembelajaran, baik kelas 7, 8, 9 SMP, oleh guru-guru berprestasi Kabupaten Tegal, yang terjadwal di radio Slawi Ayu FM, media-media pembelajaran tersebut bisa diikuti dengan baik oleh semua siswa-siswi di kabupaten Tegal.

Beliau menyampaikan beberapa tips untuk siswa-siswi agar selalu semangat belajar dan tetap berkarya di tengah pandemi ini. Pertama, komitmen bahwa kita harus bisa berkomitmen bahwa kendala dalam proses belajar bisa dilewati. kedua, dukungan dan bimbingan dari orang tua dan bapak ibu guru sebagai narasumber pembelajaran juga sangat penting.

Kita harus tetap komitmen dan semangat belajar walaupun di tengah pandemi Covid-19 ini untuk menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Tetap berkomitmen untuk bisa menjadi siswa yang cerdas. Itulah tadi pesan yang Pak Muhaemin sampaikan, tidak hanya untuk siswa-siswi SMP Negeri 1 Bumijawa, akan tetapi juga untuk kita semua.

Demikianlah sosok dan cerita inspiratif dari Kepala SMP Negeri 1 Bumijawa, Bapak Muhaemin S.Pd. semoga bermanfaat untuk kita semua, sampai jumpa di sosok-sosok inspiratif dan berita menarik lainnya!